Cara Wudhu Yang Betul serta Pas

6 Oct 2017

Gimana Cara Wudhu yang sahih? Jika wudhu tidak simpan maka sholat kita kemungkinan besar tidak akan diterima oleh Sang pencipta SWT.

Maksud wudhu adalah Bersih serta Indah, atau secara syariat wudhu ialah membersihkan muncul pada elemen badan tertentu dari hadast kecil memakai air yang dilakukan secara cara yang diajarkan sama nabi Muhammad SAW serta ulama pewaris nabi.

Wudhu merupakan salah satu persiapan asal dan ukuran ketika seorang muslim hendak Sholat, cantik itu Sholat wajib, mau pun Sholat sunnah.

Perihal Cara berwudlu yang benar sebelum Sholat tersebut di terangkan di dalam tutur Allah SWT di Al Quran Surah Al Maidah ayat 6 yang berarti sebagai lalu:

Dalam poin Cara wudlu yang betul ini, saya mengambil dari rujukan daripada Ustad yang bermazhab menurut Imam SyafiI yang merupakan mazhab fikih terbesar di Indonesia. Di dalam tata cara wudhu ada kira-kira hal yang perlu diperhatikan misalnya Tuntutan sah nya wudhu, Bantu-membantu wudlu, yang membatalkan wudhu dan sunnah-sunnah saat wudhu.

Syarat sah nya wudhu ada 5 perkara, yaitu:

1. Menganut Islam

2. Sudah Tamyiz, yaitu seseorang yang sungguh mampu mengelompokkan antara yang baik & benar.

3. Tidak pada itu berhadast besar (Contoh hadats besar: Junub, habis ngimpi besar, berlabuh bulan/haid)

4. Wudhu mesti dengan air yang tahir dan mencucikan. Contoh air yang totok dan mencucikan (Air Mutlak): Air Samudra, air waduk yang habis, air hujan, air situ yang lebih dari 3 kullah, larutan pancuran tirta yang bertindak, air terjun, tirta mata air, larutan pompa.

Waspada dengan air yang digunakan untuk berwudlu merupakan salah satu usaha kita menuju terhadap sholat yang sempurna.

5. Ketika berwudlu, tidak ada massa apapun yang menghalangi larutan wudhu untuk sampai menurut anggota wudhu. Misalnya terselip cat atau lem yang menempel di kulit. Termasuk Tato (maka berhati-hati lah wahai bujang, jangan hingga pakai tato yah… ntar wudhu kamu tidak sah, sehingga sholat pun bukan sah.

Taktik Yang Meniadakan Wudhu

Sehabis wudhu sungguh sempurna, demi juga terlihat apa aja yang bisa membatalkan wudhu. Yaitu:

6473466383107464554.jpg

1. Ada zat yang tampak dari kubul (Penis, tempik dan dubur) misalnya: air seni, cacing kremi, kentut, telau, nanah, ulat dan lain-lain yang walaupun tidak disengaja. Terkecuali air mani yang tidak menggagalkan Wudhu. Namun kalau sasaran Sholat, harus mandi junub dulu yah. Karena tuntutan sah nya Sholat ialah suci hadast besar dan hadast imut.

2. Tilam atau tertidur tanpa merapatkan tempat duduknya.

3. Hilang akal. Misalnya Puyeng, pingsan, mabuk.

4. Bersengkarut kulit cowok dengan sisik perempuan yang telah akil baligh secara langsung tanpa terdapat batas semisal kain tebel atau kertas dan lain-lain. yaitu renggangan perempuan serta lelaki yang bukan muhrim. Termasuk renggangan suami dengan Istri.

5. Tersentuh nya telapak tangan bagian dalam termasuk jari bagian di dalam dengan pepek yaitu tempik avandaalvin.com orang laki atau hawa, baik yang telah baligh ataupun anak mungil, baik yang masih ribut maupun tempik orang pasif. Namun yang wudhu nya batal hanya lah orang-orang yang menjamah, sedangkan yang disentuh gak batal. Selain tentu, renggangan yang bukan muhrim seperti pada no. 4 pada atas.

 

referensi:

https://avandaalvin.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Wudu


TAGS Gaya Hidup


-

Author

Follow Me


Categories

Archive